(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PEMBINAAN GAPOKTAN DAN ASKELERASI KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) OLEH BANK PEMBANGUNAN DAERAH (BPD)

Admin distan | 13 November 2018 | 229 kali

Senin kemarin (12/11) dilaksanakan kegiatan pembinaan gapoktan se-Kecamatan Sawan dan askelerasi KUR oleh Bank BPD cabang Singaraja yang bertempatan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sawan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Pembiayaan Ketut Suwartana, S.Pt beserta staff, karyawan Bank BPD cabang Singaraja, Koordinator Kecamatan Made Sedaka Sawan beserta PPL se-Kecamatan Sawan, dan pengurus gapoktan.

Kegiatan ini dibuka oleh koordinator Kecamatan Sawan, beliau menegaskan agar dana PUAP yang diterima oleh gapoktan agar dipertanggung jawabkan dengan melaporkan secara rutin tiap tahun (RAT). “Pengurus gapoktan dalam pelaporan perkembangan dana untuk berkoordinasi dengan PPL wilbin setempat.” Imbuh Made sedaka.

Kasi pembiayaan Ketut suwartana menambahkan “pelaporan PUAP tetap disetor tiap tahunnya ke Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, BPP Kecamatan Sawan, dan Perbekel setempat sebagai komiti pengarah.”

Dalam acara kali ini Bank BPD Bali memberikan sosialisasi kepada gapoktan tentang akelerasi kredit usaha rakyat (KUR), dimana sasaran kredit KUR ini untuk perorangan dengan bunga 7% menurun. Batas waktu pencicilannya kredit KUR selama 4 tahun untuk pokok dan bunga perpanen padi. Plafond pinjamanan sebesar 25-45 juta dengan syarat cukup melengkapi surat keterangan dari Kepala Desa.

Dalam rangka kegiatan ini petani bisa mengetahui tentang KUR dan bisa mengatasi kendala dalam penambahan modal untuk peningkatan hasil produksi petani.

 

 

Putu Budi Umarayasa, Staff Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian.