(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Siap Luncurkan Perdana “Buleleng Coffee Festival”

Admin distan | 23 November 2018 | 385 kali

Buleleng Coffee Festival 2018 (BULCOFEST) merupakan salah satu gebrakan baru Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng pada bidang perkebunan. Kegiatan yang kali pertama akan diadakan ini dilaksanakan untuk lebih memperkenalkan kopi robusta yang merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Buleleng melalui pameran komoditas kopi yang dihasilkan oleh petani kopi di Kabupaten buleleng. Buleleng Coffee Festival 2018 diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan Produktivitas Kopi Buleleng melalui Budidaya dan Pengolahan Kopi yang tepat, menjadi Gerbang bagi para pelaku usaha kopi di Buleleng baik dari Hulu sampai di Hilir guna menjaga stabilitas Produksi dan Harga Kopi, dan memperkenalkan Kopi Buleleng di mata Dunia Perkopian Nasional dan Internasional.

Buleleng Coffee Festival 2018 ini nantinya diagendakan akan berbentuk Pameran dan Diskusi Produksi Hulu (Pra-Panen dan Pasca Panen) sampai Hilir (Pemasaran dan Pengolahan hasil Produksi Hulu) yang merangkul petani dan kelompoktani kopi, produsen kopi (Suplier Green Beans), dan pelaku usaha kopi retail bubuk dan Cofee Shop. 20 Kelompok tani di sudah disiapkan dalam penyelenggaraan kegiatan ini yaitu KWT Galih Sari, Kelompok Tani Uptiti Sari dan Pala Sari Desa Lemukin, KWT Sari Merta Amerta Giri, UPH Leket Sari, dan Kelompok Tani Suda Giri Amerta Desa Wanagiri, Kelompok Tani Beji Desa Gesing, Kelompok Tani Sari Mekar Desa Pegayaman, Kelompok Tani Werdi Saniasih, Kelompok Tani Ternak Mekar Sari, Subak Abian Gunung Kutul Desa Puncak Sari, Kelompok Tani Batur Sari, Kelompok Tani Ternak Karya Amerta Santi dan Buana Amerta Sari Desa Sepang, Subak Abian Gunung Jawi Desa Busungbiu, Kelompok Tani Ternak Karya Amerta Desa Bongan Cina. Subak Abian Gunung Renga, dan Gunung Mertha Desa Tista, Kelompok Tani Wana Amerta Desa Uma Jero, serta KWT Girisari Desa Sekumpul.

Selain Dinas Pertanian sebagai Leading Sector, kegiatan ini juga menggandeng Dinas Pariwisata, dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Buleleng yang bekerjasama dengan Junior Chamber International (JCI) Singaraja dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Buleleng Coffee Festival 2018 dilakukan tidak lebih dari dua hari yaitu pada Tanggal 1 – 2 Desember 2018 yang nantinya akan bertempat di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu event tahunan di Kabupaten Buleleng.

(Goldyna Rarasari / BPP Sukasada)