(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Tips Menanam Cabai di Pekarangan Rumah

Admin distan | 20 September 2022 | 435 kali

     Beberapa minggu belakangan ini, harga cabe yang terus naik sempat membuat resah. Daripada mengeluhkan kenaikan harga, lebih baik mulai menanam cabe di rumah. Hasil panen dari satu atau dua tanaman cabai di rumah sebetulnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dapur satu keluarga sehari-hari. Dengan lahan terbatas, kita bisa menanam cabai di pekarangan atau di dalam pot. Berikut tips untuk menanam cabe di pekarangan rumah :


     1. Mulailah dari menyemai benih di polybag kecil, daun pisang, atau manfaatkan wadah sisa seperti badan botol yang dipotong. Aduk rata tanah dengan kompos. Masukkan benih cabe dengan jarak 7,5 cm, lalu siram agar tanah basar dan tutup dengan abu atau tanah. Jika ada karung goni basah, tutup selama 3-4 hari. Bibit akan muncul pada hari keempat.  Setelah bibit muncul, lindungi bibit cabai dari panas dan siraman hujan langsung dengan plastik transparan. Pindahkan bibit ke polybag besar atau pot setelah usia 3-4 minggu atau sudah tumbuh 3-4 daun.


      2. Kita bisa membuat media tanam di pot atau polybag dari campuran tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi, dan lainnya. Lapisi bagian dalam polybag dengan sabut kelapa atau pecahan genteng agar air tidak menggenangi akar.  Jangan lupa berikan 3 sendok pupuk NPK dalam setiap pot atau polybag. Pindahkan bibit cabai ke pot atau polybag dengan hati-hati saat matahari tidak terik agar tanaman tidak stres.


     3. Jangan lupa rawat tanaman cabe. Pupuklah dengan satu sendok makan NPK per polybag setiap bulan, atau semprot pupuk organik cair untuk mendorong pertumbuhan daun dan buah. Siramlah setidaknya tiga hari sekali.


     4. Jika ada hama putih atau bakal ulat Anda bisa menggunakan pestisida organik untuk mengendalikannya. Para petani biasanya memanfaatkan air dari ekstrak bawang putih, cengkeh dan lengkuas bubuk sebagai pestisida.


     5. Saat tanaman bertambah tinggi dan mencapai 20 cm, topang dengan kayu atau bambu untuk membantunya berdiri tegak. Buang tunas-tunas muda di ketiak daun sebelum tanaman kuat menopang tumbuhnya cabang.


     6. Saat terbaik memanen cabe adalah saat buah belum seluruhnya merah dan masih ada garis hijaunya. Jika disimpan, masih bisa tahan 2-3 hari. Panenlah di pagi hari setelah embun kering.


     Mari menanam cabe mulai dari rumah sendiri !





Sumber Artikel : BPP Busungbiu