(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Bercocok Tanam Bawang Merah dalam Polybag

Admin distan | 18 November 2022 | 2780 kali

Bawang merah merupakan tanaman semusim yang memiliki umbi yang berlapis, berakar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi bawang merah terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi. Umbi terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan salah satu komoditas sayuran dataran rendahMeskipun bukan merupakan kebutuhan pokok, bawang merah secara umum di Indonesia digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, bahan baku industri dan bahan untuk obat-obatan tradisional. Permintaan pasar terhadap bawang merah yang terus meningkat, terutama sering terjadi pada momen momen tertentu, seperti menjelang hari raya, sehingga menjadikan harganya juga menjadi mahal, untuk menyiasati kondisi tersebut, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menanam bawang merah sendiri.

Cara menanam bawang merah cukup mudah, karena bawang merah dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi (0-900 mdpl), bawang merah menyukai daerah yang ber iklim kering dengan suhu agak panas dan mendapat pencahayaan sinar matahari hingga ± 70%, produksi terbaik dihasilkan pada penanaman tempat terbuka, karena bawang merah termasuk tanaman yang memerlukan sinar matahari cukup panjang, tiupan angin sepoi-sepoi berpengaruh baik bagi tanaman terhadap laju fotosintesis dan pembentukan umbinya (BPPT, 2007 ). Oleh karena itulah menanam bawang merah cukup mudah, jika hanya memiliki lahan tanam terbatas, menanam bawang merah untuk kebutuhan sendiri dapat dilakukan dalam pot atau polybag. Budidaya bawang merah dalam polybag dapat dilakukan sebagai solusi atau alternatip dalam mengatasi kebutuhan akan bawang merah untuk konsumsi harian keluarga. Membudidayakan bawang merah dalam polybag memberikan banyak keuntungan disamping menghemat biaya dan lahan, juga berfungsi sebagai tanaman hias yang dapat menambah kesan asri pada pekarangan rumah tempat tinggal.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menanam bawang merah dalam polybag adalah : pertama, menyiapkan polybag ukuran 30 cm yang sudah diberi media tanam berupa campuran tanah gembur, arang sekam, pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1 , selanjutnya sebelum menanam bawang merah pastikan pilih bibit bawang merah masih kondisi segar, bebas hama, sudah dibersihkan dari kulit luar yang mengelupas dan yang sudah disimpan selama 2,5-4 bulan karen titik tumbuhnya sudah mencapai 80%. Sebelum dilakukan penanaman, lakukan pemotongan pada bagian ujung umbi dan dicampur fungisida, biarkan beberapa jam sebelum dilakukan penanaman dalam polybag, umbi ditanam dengan cara dibenamkan kedalam media tanam dengan kedalaman sampai ke leher umbi. Pemeliharaan atau perawatan tanaman bawang merah dalam polybag dilakuakn dengan memberikan pupuk berupa campuran NPK (16-16-16) sebanyak 1 gr/polybag kedalam 1 liter air, diberikan sebanyak satu gelas atau 200ml/polybag setiap  minggu sampai tanaman berumur 6 minggu dengan cara dikocor sekitar tanaman, saat musim kemarau penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari. Saat tanaman berumur 1,5 bulan penyiraman cukup dilakuakn sekali saja dan ditambahkan pupuk susulan dengan menggunakan pupuk urea 2 gr/polybag agar umbi cepat berkembang. Penyiangan tanaman bawang merah dilakukan pada saat tanaman berumur 2 minggu dengan mencabut rumput/gulma yang tumbuh disekitar tanaman, lakukan satu sampai dua kali penyiangan karena gulma dapat menganggu pertumbuhan dan pembentukan umbi bawang merah. Pengendalian hama sebaiknya menggunakan pestisida nabati, tetapi jika melebihi ambang batas pestisida kimia dapat digunakan sesuai takaran sebagai pilihan terakhir. Pemanenan bawang merah untuk konsumsi, dapat dilakukan setelah berumur 60 hari dengan ciri daun sudah berguguran dan menguning, leher batang tanaman kendor, umbi mencuat ketanah, sebagian besar tanaman sudah rebah. Sedang untuk bibit tanaman bawang merah dapat dipanen pada umur 70 hari.

Demikian cara menanam bawang merah dalam polybag, sebagai solusi alternatip dalam upaya memenuhi kebutuhan bawang merah untuk konsumsi keluarga, disaat harga bawang merah dipasaran langka dan harganya mahal.