Sosialisasi Demplot 1,5 Hektar Sekaligus Uji Coba Mesin Transplenter UPJA Raja Banteng

  • Admin Distan
  • 13 Juni 2019
  • Dibaca: 26 Pengunjung

Kamis, 13 Juni 2019 dilokasi Subak Enjung Sangiang Desa Kaliasem telah dilaksanakan Sosialisasi pemberian Demplot Komoditas Padi sekaligus uji coba mesin Rice Transplenter dari UPJA Raja Banteng di hadiri oleh Koordinator BPP Banjar, PPL Wilayah Binaan Desa Kaliasem Tim dari bidang Penyuluhan juga di hadiri oleh Tim dari bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng beserta petani sekitar wilayah demplot.

Adapun kegiatan ini dimulai dari uji coba mesin transplenter dengan pemandu/pelatih mesin dari bidang Prasana dan Sarana Pertanian, dimulai dengan cara menghidupkan mesin, penaruhan bibit padi sampai mengoprasikan mesin. Terkendala beberapa dari petani operator pada saat mulai menjalankan mesin dan juga pada saat memutar arah balik mesin. Dimana pada saat itu harus menyesuaikan tombol/pedal presneling disesuaikan dengan tempo langkah mesin. Kendala lahan pertanian di Subak Enjung Sangiang dengan tipe tanah yang terlalu dalam menyulitkan mesin untuk beroperasi.

Selain itu juga diberikan Sosialisasi oleh Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng mengenai manfaat dan tujuan diadakannya DEMPLOT 1,5 Hektar ini. Selain itu juga diberikan materi tentang pemanfaatan Agensi Hayati untuk perawatan tanaman Demplot Padi ini.

Tentunya dengan diadakan acara ini, diharapakan petani mampu mengurangi penggunaan pupuk dan pestisida kimia dengan percontohan Demplot yang ada, dan juga bisa membantu petani dalam bidang penanaman benih padi dengan solusi penyewaan mesin Rice Transplenter dari UPJA RAJA BANTENG Desa Kaliasem.

 

 

 

( SadaWT_BPP Banjar )

Share Post :