PELAYANAN KESEHATAN HEWAN BPP BULELENG

  • Admin Distan
  • 10 Oktober 2019
  • Dibaca: 16 Pengunjung

Kesehatan hewan merupakan salah satu aspek yang paling utama dalam peternakan sapi. Hal ini disebabkan oleh kesehatan hewan yang mempengaruhi harga jual dan kualitas anakan sapi yang dihasilkan. Selain itu birahi pada sapi juga harus diperhatikan agar dapat dilakukan perkawinan baik itu kawin alami maupun Inseminasi Buatan (IB).
Rabu, 9 Oktober 2019 dilaksanakan pelayanan kesehatan hewan di Desa penglatan Kecamatan Buleleng. Hewan yang diperiksa adalah sapi. Menurut pemilik sapi Bapak Nengah Lenes sapi milik beliau sudah lama tidak birahi. Mengingat anakan sapi sudah berumur 3 bulan.

Menurut petugas kesehatan hewan Kecamatan Buleleng drh. Made Pratiwi Putri Padnyani sapi tersebut mengalami gangguan reproduksi berupa anestrus yang disebabkan oleh hypofungsiovari dimana gonadotropin tidak berfungsi dengan baik. Penanganan yang diberikan pada saat pemeriksaan adalah diberikan GNRH, injektamin, dan obat cacing.
Dengan adanya pemberian pelayanan kesehatan hewan diharapkan petani bisa menghasilkan anakan sapi yang baik dan sehat.... (BPP Buleleng)

Share Post :