PELATIHAN, PENGENALAN ALAT MESIN PENANAM PADI (RICE TRANSPLENTER)

  • Admin Distan
  • 13 Juni 2019
  • Dibaca: 23 Pengunjung

Pelatihan ALSINTAN (Alat Mesin Pertanian) Rice Transplanter di Subak Jung Sangyang, Kec. Banjar kegiatan ini dilaksanakan Kamis (13/6). Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Pupuk Pestisida dan Alsintan Ir. Nyoman eli sunaryani beserta Staff Tenaga Teknis, Koordinator BPP Banjar, PPL wilbin setempat.
Pelatihan alat mesin rice transplanter ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada petani bagaimana cara perawatan serta pemakaian agar digunakan sesuai dengan fungsinya dan mengingat semakin berkurangnya tenaga kerja di sektor pertanian dan mahalnya upah buruh.
Kegiatan tanam pada budidaya padi memerlukan banyak tenaga, yakni sekitar 25 % dari seluruh kebutuhan tenaga kerja budidaya.

Teknologi mekanisasi budidaya padi telah banyak diintroduksikan, namun sampai saat ini belum sepenuhnya dilaksanakan. Mekanisasi sebagai alternatif solusi tenaga tanam dilaksanakan dengan penggunaan alsin penanam bibit padi (rice transplanter).
Penggunaan rice transplanter mempunyai prospek yang cukup baik, melihat usaha jasa alat mesin pertanian (UPJA) yang telah berjalan baik di Kab. Buleleng dan penggunaan rice transplanter ini ke depan akan menjadi kebutuhan petani padi dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut.

 

 

 

 

 

( Staff Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian )

Share Post :