MENYONGSONG PROGRAM SIKOMANDAN

  • Admin Distan
  • 14 Januari 2020
  • Dibaca: 400 Pengunjung

 

Sikomandan merupakan program unggulan Kementrian Pertanian dalam rangka pemenuhan kebutuhan hakiki rakyat indonesia berupa pemenuban kebutuhan akan pangan asal hewani yang nantinya akan membentuk SDM yang cerdas dan handal dalam mendukung kesuksesan program tersebut Provinsi Bali telah menargetkan adanya populasi sejuta sapi bali.

Dalam rangka pencapaian target sejuta sapi Bali, perlu adanya langkah kongkret dari semua stake holder yang berkecimpung dalam pengembangan usaha tani sapi Bali. Tanda-tanda kesiapan untuk menyongsong kesuksesan program Sikomandan sudah mulai tampak, terutama kesiapan petani. Petani mulai menggeliat untuk mengembangkan sapi Bali, baik kualitas maupun kuantitas.

Langkah-langkah yang dilakukan petani untuk mengembangkan sapi Bali yang berkualitas serta populasi yang meningkat, diantaranya penyiapan HPT (Hinjauan Pakan Ternak) yang bermutu dan cukup, petani telah menanam HPT di sela-sela tanaman pokok di area kebunnya.

Petani juga telah meningkatkan kualitas padet yang dihasilkan dari berbudidaya sapi indukan melalui pemanfaatan teknologi kawin suntik/inseminasi buatan.

Melalui upaya-upaya tersebut, diharapkan sapi Bali dapat berkembang baik dari sisi kuantitas maupun kualitas sehingga terget sejuta sapi Bali dapat tercapai.

 

(Wahyu/BPP BUSUNGBIU)

Share Post :