Manfaat Likat Kuning pada Tanaman Bawang Putih

  • Admin Distan
  • 23 Oktober 2019
  • Dibaca: 33 Pengunjung

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang memiliki banyak manfaat. Bawang putih cukup mudah dalam proses penanamannya. Hanya saja pada saat penanaman terdapat kendala, salah satunya masalah opt. Pengendalian opt yang dilakukan oleh petani biasanya menggunakan bahan non organik, yang dapat merusak lingkungan.

Pengendalian opt diharapkan menggunakan bahan organik untuk meminimalisir penggunaan bahan sintetis. Untuk pengendalian opt bawang putih, petani menggunakan likat kuning. Likat kuning digunakan untuk menarik serangga atau opt. Warna kuning biasanya lebih mencolok dan dapat menjadi pusat perhatian hama pada umumnya. Pemasangan likat kuning pada bawang putih saat tanaman sudah mulai muncul daun. Dengan adanya likat kuning diharapkan dapat mengendalikan opt pada Tanaman Bawang Putih.

Likat kuning dapat dibuat dari botol yang diberi cat kuning dan dikasih lem, lem bisa menggunakan lem tikus agar hama dapat menempel pada likat yang dibuat. Perangkap likat kuning mampu mengendalikan beberapa hama seperti lalat buah, wereng, aphids, thrips, kutu, ngengat dan kepik. Dengan penggunaan likat kuning dapat digunakan untuk monitoring keberadaan hama di sekitar bawang putih, untuk memudahkan dalam pengendalian hama selanjutnya.

(BPP Banjar)

Share Post :