Kamis 10-10- 2019 Pelaksanaan kegiatan pembinaan penguatan modal bagi kelompok tani gapoktan Eka jagre karya Desa umeanyar kecamatan seririt.

  • Admin Distan
  • 10 Oktober 2019
  • Dibaca: 8 Pengunjung

Kegiatan ini dihadiri Dinas kabupaten buleleng bidang PSP, BPD , koordinator kecamatan seririt, Ppl, Popt seririt,Babinkamtibmas ketua gapoktan dan KTT .
Dalam hal ini kabid psp diwakili oleh Kali pembiayayaan dan investasi, staf PSP menegaskan kondisi lahan pertanian situasi sekarang sumber pengairan yang cukup kurang air/kering dan kondisi sumber air pertanian mulai mengecil maka untuk mengantisipasi hal tersebut perlu penanganan air subak yg optimal, diharapkan petani harus singap menangani kondisi tersebut. Sehubungan dengan hal itu untuk petani bisa mengajukan kebutuhan pertanian dalam arti luas berupa proposal seperti proposal tentang embung, saluran irigasi subak, perpompaan dan saluran perpipaan sehingga dapat menunjang produksi hortikultura, tanaman pangan dan perkebunan.

Selanjutnya Kasi pembiayaan terkait pupuk pestisida dan alsintan juga disampaikan bahwa untuk antisipasi pengambilan pupuk bersubsidi sesuai RDKK dan petani untuk diharapkan membuat kartu tani karena kedepan amprahan pupuk bersubsidi berupa pupuk organik melalui kartu tani dan diharapkan tahun 2020 sudah berfungsi secara serentak dan berkelanjutan.
Selanjutnya bapak kasi pembiayaan juga menegaskan petani harus tanggap dan mengapresiasi program pemerintah secara nasional berupa program AUTP, AUTS dan KUR yang disubsidi pemerintah, diharapkan petani mampu memanfaatkan peluang ini.


Pihak BPD cabang singaraja bagian kredit analis BPD unit seririt menyampaikan program yang disubsidi pemerintah untuk penguatan modal usaha petani dengan kerja sama pihak Bank yaitu ada kredit KUR dengan bunga 7 % per thun atau 0,58% perbulan menurun bebas administrasi, cukup surat keterangan ijin usaha dgn tanda tangan perbekel, tanpa jaminan, sangat cocok utk tambahan usaha mikro dg flavon 25 juta dengan jangka waktu pelunasan keredit 3 tahun. Dan kredit dengan pinjaman 50 - 500 juta dengan jaminan sertifikat, NPWP dan KK serta foto copy E- KTP suami istri. Selanjut kredit sangat cocok diperuntukkan bagi petani usaha kecil dan mengamrah dana KUR kecil peminjam harus punya sudah berjalan 6 bulan, jangka waktu 3 tahun.


Koordinator bpp Seririt menegaskan agar petani maupun ibu petani/kwt untuk mengapresiasi program bunga rendah dibandingkan pinjam modal di rentenir bunga tinggi dan untuk mencegah kegagalan panen silakan sampai dirumah renungkan program autp, auts dan secepatnya berminat hubungi ppl wilbin. Dan sampaikan Bpk koordinator juga terkait program pengentasan serangan Rabies, agar masyarakat memelihara anjing untuk dilakukan vaksinasi.... (Bid.PSP)

Share Post :