SERAH TERIMA BIBIT JAMBU KRISTAL DI KELOMPOK WANITA TANI DESA CELUKAN BAWANG

  • Admin Distan
  • 10 September 2019
  • Dibaca: 13 Pengunjung

Selasa, 10 September 2019 telah dilaksanakan kegiatan serah terima bibit Jambu Kristal yang berlokasi di Balai Kelompok Wanita Tani Bina Hayati, Desa Celukanbawang , Kecamatan Gerokgak. Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Ketua Kelompok Wanita Tani, PPL wilbin Celukanbawang, serta para anggota kelompok.

Pada kegiatan serah terima bibit Jambu Kristal, Dinas Pertanian memberikan bantuan bibit jambu Kristal sebanyak 300 Pohon. Jambu Kristal berasal dari Taiwan dan memiliki nama latin Psidium guajava. Jambu Kristal memiliki daun lebih kaku dan lebih membulat dengan ratio lebar dan panjang daun kecil. Sementara pada batang terlihat cokelat keputihan dengan lapisan kulit kayu tipis. Karakter buah, Jambu Kristal mempunyai sedikit biji (di bawah 3%) sehingga bagian buah yang dapat dimakan mencapai 97-98%. Tekstur daging buah sangat renyah dan garing. Bentuk permukaan buah menyerupai belimbing tetapi agak bulat menggepeng.


Keunikan Jambu Kristal yaitu biji dalam buah sangat sedikit, daging buah renyah seperti buah pear. Rasanya lebih manis dibandingkan jambu biji biasa. Kandungan vitamin A tinggi, dan mudah dibudidayakan. Dalam waktu 8-12 bulan saja sudah berbuah dengan bobot mencapai 0,9 kilogram per buahnya.


Melalui kegiatan serah terima bibit Jambu Kristal ini juga diharapkan semakin meningkatkan sinergitas antar anggota kelompok guna menunjang keberhasilan kegiatan usaha tani di Kelompok Bina Hayati...(Adm_BPPGerokgak)

Share Post :