Rapat Verifikasi Data Luas Lahan Sawah Jilid II

  • Admin Distan
  • 20 September 2019
  • Dibaca: 16 Pengunjung

 

Jumat (20/9/2019) diadakan rapat di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. Rapat tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan verifikasi data luas lahan yang diadakandi BPP Sukasada kemarin. Pada rapat kali ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang, Kasi Produksi, Penyuluhdan staf Bidang Tanaman Pangan, Tim PPIDS Universitas Udayana,Koordinator, Mantri Taniserta Kelian Subak di Kecamatan Sawan, Seririt, Gerokgak dan Busungbiu.

Seperti hasil rapat kemarin, masih ditemukan perbedaan data luas lahan antara yang diperoleh oleh Tim PPIDS Unud melalui Citra Satelit dengan luas lahan yang ada dilapangan atau data luas lahan dibeberapasubak pada masing-masing kecamatan.Adanya perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa subak salah memperhitungkan batas wilayahnya. Selain itu adanya peningkatan maupun penurunan luas lahan disebabkan oleh alih fungsi lahan.

Demi terwujudnya optimalisasi perlindungan lahan, pemerintah akan mempertahankan lahan pertanian produktif yang masih dimiliki dengan menerapkan peraturan yang ada. Pemerintah juga akan memperkuat program PLP2B dengan usulan penerbitan SK tentang penetapan luas lahan sawah.

Data kesesuaian lahan yang diperoleh nantinya akan digunakan untukacuan pemerintah dalam subsidi pupuk selain itu juga akan mempermudah dalam pembuatan RDKKpada masing-masing subak.... (Indra_Bid.TP)

Share Post :