PENYULUH PERTANIAN WAJIB MEMPERSIAPKAN DUPAK ONLINE KEMENTAN

  • Admin Distan
  • 16 Januari 2020
  • Dibaca: 1018 Pengunjung

Seiring perkembangan teknologi digital berbasis internet keberadaan penyuluhan menjadi tantangan bagi sektor pertanian. Salah satunya dalam melaporkan setiap kinerja yang telah dan akan dilakukan penyuluh di wilayah kerjanya.

Era Revolusi Industri 4.0 tentunya tidak bisa terelakkan lagi. Banyak sektor dan kegiatan yang harus beradaptasi dengan perkembangan digital internet di masa kini. Salah satunya penyuluh pertanian yang bertindak sebagai fasilitator dalam pemberdayaan petani. Sehingga harus memiliki kompetensi dalam pengelolaan penyuluhan pertanian berbasis teknologi digital.

Penyuluh yang ada sekarang ini perlu bertransformasi dalam membangun sistem penyuluhan berbasis teknologi digital. Sayangnya, banyak penyuluh pertanian masih terbatas kemampuan kapasitasnya dalam aplikasi teknologi dan informasi. Oleh karena itu, pelatihan peningkatan kapasitas penyuluh dalam penggunaan media penyuluhan berbasis digital tersebut harus dilakukan.

Salah satunya melalui pengisian Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit (DUPAK) Online yang berguna bagi penyuluh fungsional. DUPAK sangat penting bagi penyuluh fungsional karena terkait pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. Golongan IV b ke atas, semua kegiatan tahun 2019, pengajuan DUPAKnya harus dilakukan secara online

Proses penilaian DUPAK pejabat fungsional penyuluh pertanian kedepannya cenderung tidak hanya memprioritaskan karya tulis ilmiah saja, namun yang dapat memberikan keuntungan bagi para petani. Adapun masa periode pengajuan DUPAK online dapat dilakukan per 6 bulan ataupun periode satu tahun.

Bukti fisik penilaian DUPAK bisa dikirimkan dalam bentuk PDF/ZIP/JPG dengan ukuran maksimal 20 MB dan diupload pada aplikasi DUPAK Online Kementerian Pertanian yang dapat diakses melalui internet.

Untuk itulah penyuluh pertanian agar mempersiapkan diri melakukan pengunggahan file barang bukti fisik agar pada waktunya nanti tidak mengalami hambatan, apalagi jika server mengalami masalah. Kendala lainnya yaitu jaringan di lokasi penyuluh pertanian yang kurang memadai sehingga harus mencari lokasi dimana proses penginputan berjalan dengan lancar....

Share Post :