PANEN PERDANA PISANG SMART VILLAGE DESA BUKTI

  • Admin Distan
  • 05 Juni 2020
  • Dibaca: 45 Pengunjung

Pada hari Jumat, 5 Juni 2020, Bapak Kepala Dinas Pertanian Ir. i Made Sumiarta didampingi oleh pimpinan PT. Indonesia Power Unit PLTGU Pemaron serta Sekdes dan BPD Bukti melaksanakan Panen Perdana Pisang Program Pengembangan Banana Smart Village Desa Bukti.

Program ini merupakan Program CSR PT. Indonesia Power Bali PGU PLTGU Pemaron . Panen perdana ini berlokasi di KTT Kerti Winangun, Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan pada lahan seluas 2,2 ha yang penanamannya dilaksanakan pada bulan Januari dan Juni 2019 dengan varietas pisang yang ditanam Kepok dan Cavendis.

Rencana Pengembangan Banana Smart Village dalam 5 tahun kedepan adalah seluas 60 ha dan sampai saat ini baru terealisasi 9 ha. Adapun jenis pisang yang akan dikembangkan terdiri dari 3 jenis, yaitu jenis pisang olahan meliputi Kepok dan Barangan, jenis pisang buah meja meliputi Cavendis dan Sari serta jenis pisang banten meliputi pisang lokal Kayu, Gancan dan Sasih. 

Beberapa kendala yang dihadapi adalah ketersediaan benih pisang dan ketersediaan air. Pada kesempatan ini Bapak Made Suparta mewakili Gapoktan pelaksana kegiatan mengajukan proposal bantuan Lab Kultur Jaringan, serta permohonan bantuan irigasi tanah dangkal, benih pisang serta SL-PHT Pisang

 

#BidangHorti

Share Post :