Monitoring dan Evaluasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM)Monitoring dan Evaluasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM)

  • Admin Distan
  • 20 September 2019
  • Dibaca: 45 Pengunjung

Pada hari ini Jumat, 20 September 2019 dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) di Desa Pedawa Kecamatan Banjar yang dihadiri oleh Kasi  Produksi  Perkebunan, beserta Staf pada Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Perbekel Desa Pedawa yang diwakili oleh Sekdes,  Pengurus LEM serta anggota,Kegiatan Monev ini bertujuan untuk mengevaluasi keberaan LEM di desa Pedawa serta kendala-kendala yang menjadi permasalahan pengurus LEM dilapangan, LEM desa Pedawa yang terbentuk tahun 2018 pada saat ini telah mempunyai anggota sebanyak 12 orang anggota inti, iuran wajib yang sudah terkumpul saat ini sebesar Rp. 12.000.000,- yang sudah digulirkan di anggota Rp. 10.000.000. Dengan bunga 1,5 %. 

Keberadaan LEM di desa Pedawa diharapkan sebagai perekat semua elemen masyarakat sehingga peluang-peluang yang ada di desa dapat terakomodasi oleh LEM dalam sub usaha  pembuatan benih, Pengolahan limbah Ternak Simantri atau kotoran Ternak yang ada dikelompok ternak diolah dijadikan pupuk organik untuk penanggulangan Jamur Akar Putih (JAP) pada tanaman cengkeh dan meningkatkan kesuburan tanah secara berkelanjutan.Kendala yang dihadapi oleh pegurus LEM saat ini dalam pengrekrutan anggota adalah:1. Masalah iuran sebesar Rp. 1.000.000,- per orang2. Belum adanya dukungan dari Subak Abian3. Belum terbentuknya unit-unit usaha4. Keberadaan LEM di masyarakat belum diketahui secara maksimal. 

Kasi  Produksi Perkebunan mengimbau agar pengurus LEM membuat rencana kerja dan membuat laporan pertanggung jawaban keuangan pada akhir tahun kepada anggota, di sisi lain anggota LEM mengharapkan dari Dinas Provinsi maupun Dinas Kabupaten terus mengadakan pembinaan mengingat diibaratkan LEM  ini masih seperti anak kecil masih sangat perlu bimbingan.... (Setiawan_Bid.Perkebunan)

Share Post :