Kunjungan Lapangan di areal Subak Pendem, Desa Alasangker, Kecamatan buleleng.

  • Admin Distan
  • 10 September 2019
  • Dibaca: 12 Pengunjung

Selasa, 10 September 2019, Kunjungan dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan tanaman padi yang dibudidayakan, serta mengetahui perkembangan tanaman padi dan mengantisipasi hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi yang dibudidayakan.


Pada areal subak pendem sudah ada beberapa lahan yang diolah dan ada yang sudah ditanami tanaman padi. Ada lahan tanaman padi yang terlihat menggunakan itik dalam budidayanya. Lahan yang ditanami tanaman padi ini hanya beberapa saja, dikarenakan kondisi ketersediaan air irigasi yang kurang mencukupi, sehingga hanya beberapa petak yang bisa ditanami padi.


Budidaya tanaman padi dengan itik merupakan penerapan keterpaduan antara komoditas padi dan ternak itik yang saling menguntungkan, yaitu efisien dalam penggunaan sarana produksi dan sarana peternakan.
Manfaat budidaya tanaman padi dan itik antara lain menumbuhkan kesadaran petani tentang pentingnya mendukung pertanian berkelanjutan dengan mengurangi penggunaan pestisida, mengurangi hama seperti keong, wereng karena hama tersebut akan dimakan itik.


Kemudian secara tidak langsung dapat mengusir hama tikus, meningkatkan pendapatan petani melalui pengurangan biaya pestisida dan penyiangan pada tanaman padi serta biaya pakan itik 50% dari kebutuhan... (Adm_BPPBuleleng)

Share Post :