Kunjungan ke Subak Belong Desa Kayu Putih

  • Admin Distan
  • 10 September 2019
  • Dibaca: 15 Pengunjung

Selasa, (10/9/2019) Dinas Pertanian melalui Bidang Tanaman Pangan melakukan kunjungan ke Subak Belong yang berlokasi di Desa Kayu Putih, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Kunjungan ini dihadiri oleh Kabid Tanaman Pangan, Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Pertanian, Kasi Produksi Tanaman Pangan beserta staf, dan Kelian dan anggota Subak Belong.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi di subak tersebut. Varietas padi yang ditanam adalah varietas Trisakti. Diketahui bahwa varietas Trisakti merupakan salah satu varietas padi genjah yang bisa dipanen 70-75 hst. Namun, keadaan tersebut belum dialami di Subak Belong. Padi yang ditanam sudah berumur 63 hst dan belum ada yang terlihat muncul malai namun sudah ada tanda-tanda bunting.

Menurut penuturan kelian subak, vaietas apapun yang ditanam di sana masa siap panennya tidak ada yang sesuai dengan deskripsi varietas. Hal ini diduga karena ketinggian tempat menyebabkan perbedaan tersebut, selain itu lahan pertanaman yang dijumpai juga terlihat akan terancam kekeringan karena pembagian air tidak merata... (Adm_bid.TP)

Share Post :