BERITA ACARA PEMERIKSAAN PENGELUARAN SURAT KETERANGAN KESEHATAN HEWAN (SKKH)

  • Admin Distan
  • 05 Juni 2020
  • Dibaca: 67 Pengunjung

Pada hari Jumat tanggal 5 Juni 2020, Kegiatan tata cara pengeluaran berita acara pemeriksaan untuk persyaratan pengeluaran surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang bertempat di Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, yang didampingi Kasi Kesmavet Pengolahan dan Pemasaran Peternakan, staf PKH dan Pemilik UD. Isma Djaya.
Memberikan jaminan dan keamanan produk hewan/ternak maka setiap orang yang melakukan lalu lintas atau pemasukan dan/atau pengeluaran hewan/ternak, dan/atau media pembawa penyakit wajib memenuhi persyaratan teknis kesehatan hewan (Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam pasal 42 ayat 5).

Persyaratan teknis dimaksud bahwa hewan/ternak atau produk asal hewan/ternak dinyatakan sehat ditunjukan dengan sertifikasi Veteriner (Surat Keterangan Kesehatan Hewan / Surat Keterangan Kesehatan Produk Asal Hewan) yang diterbitkan oleh Dokter Hewan Berwenang atau Dokter Hewan Pemerintah yang ditunjuk. Selanjutnya dalam hal pengawasan lalu lintas hewan/ternak dan/atau produk hewan/ternak antar provinsi. Dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, maka proses penerbitan Sertifikat Veteriner dapat dilakukan berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan/atau Kesehatan Masyarakat Veteriner yang dilaksanakan oleh Dokter Hewan Pemerintah Kabupaten?kota yang ditunujuk.

Tata cara/prosedur penerbitan Sertifikat Veteriner melalui Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. Sertifikat Veteriner yang telah diterbitkan akan diserahkan kepada pemohon melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Bali sebagai salah satu persyaratan dalam penerbitan Izin Pengeluaran Hewan/Ternak/Produk Asal Hewan/Ternak keluar dari wilayah Provinsi Bali sesuai dengan hasil koordinasi dengan Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Bali tanggal 8 Mei 2020...

 

#Widi/Bidang PKH

Share Post :