STEVIA SIMANIS PENGGANTI GULA

  • Admin Distan
  • 18 Juni 2020
  • Dibaca: 87 Pengunjung

Oleh : I Wayan Suandia/BPP Busungbiu

 

Secara umum kita mengenal gula pasir yang berasal dari tanaman tebu dipakai dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat manis makanan dan minuman. Keterbatasan lahan untuk penanaman tebu, menjadikan persoalan baru dalam penyediaan gula. Salah satu alternatif untuk mengurangi persoalan tersebut adalah penggunaan tanaman Stevia.

Tanaman Stevia rebaudiana Bertoni M, merupakan tanaman dari famili Asteraceae yang berasal dari Paraguay, diketahui mengandung bahan pemanis alami yang tingkat kemanisannya 200-300 kali kemanisan gula tebu. Di Indonesia sudah diusahakan oleh beberapa perkebunan swasta sejak sekitar tahun 1977. Hasilnya selain untuk dieksport, juga untuk memenuhi permintaan perusahan-perusahan jamu. Setevia selain bersifat non kalori, gula stevia juga bersifat "non karsinogenik" (tidak menyebabkan kanker).

Stevia sebagai alternatif pengganti gula tentunya sangat berhubungan dengan kesehatan. Mengingat penyakit diabetes melitus yang kian hari kian mengkawatirkan, dan diistilahkan dengan "Silent Killer" pembunuh diam diam. Kesehatan merupakan hal yang sangat mahal dan tak ternilai harganya.

Memang daun stevia belum cukup populer dimasyarakat atau bahkan ada yang belum mengenalnya. Tanaman stevia sebenarnya sangat mudah dibiakan, baik dengan biji, anakan atau stek. Penanaman untuk kebutuhan keluarga, bisa ditanam dalam pot atau langsung tanam ditanah.

Cara Penggunaan Stevia dalam Pemanis Makanan Sehari-hari.
Membuat sendiri pemanis stevia cair siap pakai cukup mudah dan simple, caranya sebagai berikut :
- Masukkan 1 sendok teh stevia bubuk kedalam saringan teh atau kopi.
- Letakkan saringan tersebut kedalam mug/ gelas tahan panas.
- Tuangkan air mendidih kedalam saringan yang sudah berisi bubuk stevia.
- Biarkan mengendap selama 5 menit.
- Angkat saringan dan ampas stevia dari dalam mug/gelas.
- Diamkan stevia cair sampai dingin.
- Masukkan stevia cair yang sudah dingin kedalam botol bekas saus/kecap plastik yang mempunyai lubang kecil, agar mudah diatur pengeluarannya. Tapi ingat botol sebelumnya cuci dibersihkan terlebih dahulu.
- Simpan ditempat yang dingin.
- Gunakan dengan cara diteteskan, sebab stevia sangatlah manis.

Mari dalam situasi covid-19 ini kita coba menanam tanaman stevia di rumah, walau hanya satu pot saja. Dengan begitu suatu saat dapat bermanfaat bila kita tidak ada gula pasir, tinggal petik daun stevia....>>>>

 

 

 

Share Post :