Pentingnya Pengamatan Bagi Tanaman

  • Admin Distan
  • 13 Januari 2020
  • Dibaca: 43 Pengunjung

Memelihara dan merawat tanaman, tak jauh beda dengan merawat bayi. Tak hanya memberika ASI atau makanan saja, namun kita juga perlu mengamati perkembangannya, bagaimana kesehatan serta mengamati efek atau gejala sakit apa yang muncul, begitu juga tanaman yang kita pelihara.

Pengamatan tanaman sangat penting, untuk menjaga tanaman tetap sehat dan produktif. Seringkali kita masih enggan melakukan pengamatan rutin sehingga terkadang kita baru tersadar saat tanaman sudah rusak parah dan susah untuk dipulihkan. Hal-hal yang perlu dilakukan pengamatan diantaranya kondisi tanaman, ada yang roboh atau tidak, kekurangan air atau tidak, kekurangan pupuk atau tidak (difisiensi dilihat dari daun).

Menurut Nyoman Suastika (POPT kec. Bsb), pengamatan sangat penting dilakukan terutama kaitannya dengan hama dan penyakit. Hal ini dilakukan karena hama penyakit inilah yang sering kali menjadi penyebab utama kerusakan tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerugian. Yang perlu di amati dari hama penyakit adalah populasi hama atau gejalanya. Saat populasinya sudah melebihi ambang batas, maka perlu dilakukan pengendalian. Selanjutnya, gejala serangan. Serangan hama penyakit bisa diketahui melalui gejala serangan yang ditimbulkan. Oleh sebab itu pengamatan dilakukan sedini mungkin, mendeteksi gejalan serangan hama penyakit.

Jika sudah diketahui OPT atau hama penyakit apa yang menyerang, tinggal memutuskan teknik dan cara pengendalian hama penyakit, mana yang akan diterapkan. Jika dengan penyemprotan pestisida, bahan aktih apa yang akan di aplikasikan. Mengapa pengamatan tanaman itu sangat penting, karena pengamatan tanaman merupakan bagian dari pencegahan. Bukankah lebih baik pencegahan daripada pengobatan ???

(Wahyu/BPP BUSUNGBIU)

Share Post :