PENGOLAHAN KOPI

  • Admin Distan
  • 02 Mei 2020
  • Dibaca: 107 Pengunjung

 

Oleh : Ketut Sumantia,SP(PP.Madya Distan Buleleng)

 

PENGOLAHAN KOPI

 

Pada era industri sekarang ini, upaya peningkatan mutu biji kopi rakyat sudah saatnya diarahkan melalui pendekatan agrobisnis. Dengan pola ini petani tidak lagi dilihat sebagai individu dengan kemamuan bidang produksi yang terbatas. Konsep agribisnis bertumpu pada pemberdayaan para petani agar mampu berusaha tani secara kelompok, membentuk badan usaha yang berorientasi pada profit serta mengadopsi tehnologi produksi yang bercirikan efesiensi tinggi dan produk yang kompetitif. Perkembangan areal tanaman kopi rakyat yang cukup pesat di Indonesia, perlu didukunh dengan kesiapan sarana dan metoda pengolahan yang cocok untuk kondisi petani sehingga mereka mampu menghasilkan bijin kopi dengan mutu yang sipwrsyaratlan oleh standar…
Pasokan yang tepat waktu serta berkelanjutan merupakan beberapa persyaratan yang dibutuhkannagar biji kopi rakyat dapat dipasarkan pada tingkat harga yang menguntungkan.
Untuk memenuhi persyartan tadi, pengolahan kopi rakyat harus dilakukan dengan tepat waktu,tepat cara dan tepat jumlah.Buah kopi hasil panen perlu segera diolah menjadi bentuk akhir yang stabil agar aman untuk disimpan dalam jangka waktu yang tertentu.
Panen kopi pada umumnya akan dimulai dari bulan Juni s.d Agustus.
Sebrlumnya akan disampaikan beberapa istilah yang umum digunakan untuk membedakan jenis bahan olah dan produk akhir yang terkait dengan tahapan pengolahan kopi sebagai berikut:
Buah kopi atau sering disebut kopi glondong basah adalah buah kopi hasil panen dari kebun,kadar airny…
 

Share Post :