KELEMBAGAAN POSLUHDES

  • Admin Distan
  • 13 Maret 2020
  • Dibaca: 61 Pengunjung

Oleh : Putu Swardiasa

KELEMBAGAAN POSLUHDES

Sebagian besar desa di Indonesia mengandalkan kegiatan ekonominya kepada pertanian. Sehingga desa juga harus memainkan peranan sebagai wilayah sentra produksi pertanian dalam memasok bahan pangan dan bahan keperluan industri.

Posluhdes inilah yang mempercepat peningkatan kemampuan masyarakat perdesaan utamanya pelaku utama dan pelaku usaha. Posluhdes juga yang memberikan pelayanan dalam pengembangan usaha petani di perdesaan. Di tingkat desa, dapat berperan sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa yang menopang seluruh aspek kegiatan pemberdayaan masyarakat pertanian di perdesaan.

Pengertian POSLUHDES dalam Undang -Undang Nomor 16 Tahun 2006 ,Pasal 16 adalah unit kerja nonstruktural yang di bentuk dan dikelola secara partisipatif oleh pelaku utama, adanya posluhdes dapat sebagai wadah Penyuluh PNS,Penyuluh Swasta,Penyuluh Swadaya serta pelaku utama dan Pelaku Usaha di pedesaan sebagai tempat Berdiskusi ,merencanakan, melaksanakan dan memantau kegiatan penyuluhan di Desa/Kelurahan masing masing.Namun pada dasarnya adalah meletakkan tentang Sistem Penyuluhan Pertanian,Perikanan dan Kehutanan(SP3K)mengamanatkan bahwa Pemerintah (Pemerintah Pusata) dan Pemerintah Daerah untuk mengadakan penataan kembali terhadap Penyelenggaraan Penyuluhan.

Yang dimaksud dengan kelembagaan diatas adalah :

A. Kelembagaan Penyuluh

Kelembagaan penyuluh adalah lembaga Pemerintah dan/masyarakat yang mempunyai tugas menyelenggarakan penyuluhan ,kelembagaan penyuluhan ini diantaranya,
- Lembaga Penyuluh Pemerintah
- Lembaga Penyuluh Swasta.
- Lembaga Penyuluh Swadaya

B.Kelembagaan Pelaku Utama

merupakan kelembagaan Penyuluhan baru yang harus ada di setiap desa/ Kelurahan, yang selanjutnya di sebut POSLUHDES.

FUNGSI POSLUHDES.

Fungsi Posluhdes sebagai tempat pertemuan para Penyuluh Pertanian, pelaku utama, pelaku usaha untuk melakukan kegiatan :
1. Menyusun Programa Penyuluhan.
2. Melaksanakan Kegiatan Penyuluhan di desa / kelurahan.
3. Menginventarisasi Potensi wilayah ,masalah dan pemecahannya.
4. Melaksanakan proses pembelajaran melalui percontohan,uji coba dan pengembangan model usaha Tani Yang lebih menguntungkan.
5. Menumbuhkembangkan Kemandirian ,kepemimpinan serta Kewirausahaan.
6. Melakukan kegiatan Pertemuan Rutin,Rembug Tani,Temu Lapang bagi Pelaku utama dan pelaku usaha.
7. Mendesiminasikan layanan informasi paket tehnologi penyuluhan pertanian .
8. Memfasilitasi forum penyuluhan pedesaan.

Bila kita lihat dari pengertian dan fungsi yang melekat pada Posluhdes tidak berbeda jauh dengan Balai Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan. Bedanya Posluhdes berada di tingkat desa/kelurahan dibentuk dan dilaksanakan secara partisipatif oleh pelaku utama dan pelaku usaha, yang tidak tergantung dengan Pemerintah pusat maupun pemerintah Daerah, melainkan tergantung keperluan dan upaya pelaku utama/usaha untuk menumbuhkan serta menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan, tersedianya sarana dan prasarana Posluhdes dapat dibantu oleh berbagai pihak termasuk pihak pemerintah dari desa /kelurahan sampai dengan pemerintah pusat,maupun pihak swasta.

SARANA DAN PRASARANA POSLUHDES.

Melihat fungsi Posluhdes yang tidak jauh berbeda dengan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian di tingkat Kecamatan yaitu untuk pertemuan Para Penyuluh, Pelaku utama, Pelaku usaha untuk melakukan kegiatan kegiatan penyuluhan.tingkat kecamatan ,sedangkan Poslauhdes hanya pada ruang lingkup tingkat desa oleh sebab itu sarana dan prasarana posluhdes tidak selengkap pada sarana dan prasarana yang ada di Balai Penyuluhan Pertanian di kecamatan diantaranya :
- Ruang pertemuan.
- Papan tulis dan papan data.
- Bahan bahan Informasi Penyuluhan.
- Ruang Sekertariat dan fasilitas lainya.
- Lahan percontohan

Untuk kegiatan rutin penyuluhan, posluhdes tidak harus tersendiri seperti Balai Penyuluhan di tingkat Kecamatan , hal ini dapat di koordinasikan dengan Kepala Desa/Kelurahan untuk memfasilitasi Tempat Posluhdes.

KEGUNAAN SARANA DAN PRASARANA POSLUHDES.
- Ruang pertemuan ,berupa tempat pertemuan bisa tertutup atau semi terbuka seperti Tempat pertemuan, tidak harus ada kursi bisa lesehan menyesuaikan dengan kondisi yang ada, tempat ini bisa untuk melakukan pertemuan ,musyawarah , berdiskusi ,untuk melakukan kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan kemajuan Posluhdes.
- Papan Tulis, Untuk digunakan membantu menjelaskan dalam kegiatan penyuluhan serta bimbingan penyuluhan pada petani.
- Papan Data, digunakan untuk menyajikan data data desa yang diperlkan untuk dasar kegiatan penyuluhan.
- Bahan Informasi,Bahan informasi ini berupa Leflet,Brosur,Liptan,dan lainnya untuk menambah wawasan petani.
- Ruang Sekretariat berukuran sedang yang berfungsi untuk menyimpan peralatan dan arsip kegiatan kegiatan Posluhdes.
- Lahan Percontohan,diharapkan sebagai lahan uji coba kegiatan budidaya tanaman ,untuk penerapan tehnologi baru yang diharapkan dapat menjadi model usaha tani baru untuk dikembangkan di tingkat petani.

PEMBIAYAAN POSLUHDES

Pembiayaan posluhdes yang bersifat partisipatip oleh pelaku utama dan pelaku usaha atau bahkan masyarakat tani agar dapat berperan aktif dalam mengelola Posluhdes sehingga tidak menutup kemungkinan perlu ditumbuh kembangkan kegiatan yang bersifat produktif dan mengikat aktifitas didalam posludes.

PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP POSLUHDES.

1. Memahami keberadaan Posluhdes tentang Pengertian ,Fungsi, serta Peranannya .
2. Menumbuhkan Posluhdes di setiap desa/kelurahan binaan masing masing.
3. Memfasilitasi Posluhdes yang sudah ditumbuhkan agar berperan aktif sesuai peran dan fungsinya.
4. Mendorong peran serta Posluhdes dalam pembangunan di wilayahnya.
5. Pendampingan Posluhdes dalam rangka mewujudkan Kemandirian Administrasi, dan organisasi...

Share Post :