KEGIATAN PENANAMAN REFUGIA DI SUBAK UMEDESA 234

  • Admin Distan
  • 17 Juni 2019
  • Dibaca: 144 Pengunjung

Kegiatan Demonstrasi Area Budidaya Tanaman Sehat Padi (Dem Area BTS Padi) tahun 2019 untuk Kabupaten Buleleng tersebar ditiga subak yang ada di Kecamatan Seririt, yaitu Subak Umedesa 245 (Lokapaksa), Subak Umedesa 234 (Kalianget), dan Subak Ringdikit (Ringdikit). Kegiatan DemArea BTS padi untuk Subak Umedesa 234 sudah mulai dilaksanakan pada bulan Juni 2019 dengan total luasan 50 ha. Adapun saprodi yang diperoleh yaitu dolomit (50 ton), pupuk organik (25 ton), benih padi varietas inpari 42 (1,25 ton) agensia pengendali hayati (APH), serta tanaman refugia.

Untuk tanaman refugia, anggota Subak Umedesa 234 sudah mulai mengaplikasikannya ke lahan sawah pada hari Sabtu (15/6/2019). Jenis tanaman refugia yang ditanam adalah bunga gemitir dan bunga matahari. Dikutip dari laman BBPP Binuang, refugia adalah pertanaman beberapa jenis tumbuhan yang dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya yang lain bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid. Tanaman refugia berfungsi sebagai mikrohabitat yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam usaha konservasi musuh alami.
Dengan kata lain bahwa refugia adalah tumbuhan (baik tanaman maupun gulma) yang tumbuh disekitar tanaman yang dibudidayakan serta berpotensi sebagai
mikrohabitat bagi musuh alami (baik predator maupun parasitoid), agar pelestarian musuh alami tercipta dengan baik. Bagi musuh alami, tanaman refugia ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai sumber nektar bagi musuh alami sebelum adanya populasi hama di pertanaman. Suatu konsep pemecahan masalah yang dapat diterapkan dalam pengendalian hama adalah dengan cara menanam tanaman yang digunakan sebagai refugia sehingga konservasi predator dapat terus terjaga.

 

 

 

 

Adi Wirawan/BPP Seririt

Sumber :
http://bbppbinuang.or.id/wp-content/uploads/2018/09/KIP-Aulia-Rahmi-Refugia-converted.pdf

Share Post :