INOVASI OLAHAN TERKINI TENTANG PENGOLAHAN DAUN KAKAO MUDA MENJADI KRIPIK.

  • Admin Distan
  • 19 Mei 2020
  • Dibaca: 46 Pengunjung

Oleh : Ketut Sumantia,SP.(PP.Ahli Madya Distan Bll)

Melihat kondisi masyarakat Indonesia saat ini yang masih menghadapi masalah penyakit corona 19, banyak karyawan yang dirumahkan.    Oleh karena itu penulis mencoba memberikan bekal keterampilan tehnologi olahan terkini. Tehnologi ini mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang mahal, bahkan bisa dipakai usaha sampingan yang bisa dipakai untuk tambahan penghasilan rumah tangga. Adapun tehnologi tersebut yang bisa dikerjakan yaitu Tehnologi pembuatan Kripik daun kakao.

Tanaman kakao(Theobroma cacao)   pada umumnya banyak tumbuh wiwilan yang banyak daun-daun muda. Wiwilan ini akan tumbuh sepanjang musim.Wiwilan ini harus dihilangkan, kalau tidak, maka akan terjadi persaingan hara / makanan dalam pertumbuhannya.    Daun muda yang ada di wiwilan yang jumlahnya banyak, bisa digunakan untuk camilan diantaranya kripik daun kakao, bakso daun kakao.Olahan daun kakao sangat enak ,lezat dan bergizi. Olahan daun kakao jika dijadikan kripik, enak sekali sebagai pendamping atau sebagai camilan alternatif pengganti krupuk di saat makan.Tehnologi pengolahan Kripik daun kakao.


Bahan-bahan yang dibutuhkan.a.Daun kakao muda.b.Tepung sagu 1 kg.c.Telor ayam 2 butir.d.Kunir 1/2 ons.e.Kencur 1/2 onsf.Bawang putih 1 onsg.Garam secukupnya.
1.Cara Pembuatannya.Bawang putih, kencur, kunir, dan garam ditumbuk halus.2.Sagu diencerkan dengan air.3.Sagu yang sudah encer, dimasukan dalam wadah, kemudian ditambahkan telor, semua bumbu yang sudah dihaluskan tadi, lanjut di aduk hingga benar - benar rata.4.Diadonan tadi ditambahkan garam secukupnya menurut selera, penyedap rasa juga ditambahkan.5.Daun  kakao muda dicuci bersih dengan air, dan diseterilkan dengan mencelupkan diair hangat.6.Langkah selanjutnya, daun kakao yang sudah steril tadi dicelupkan kedalam adonan tepung, lanjut digoreng sampai matang.7.Jika sudah matang diangkat dan dinginkan. Kripik daun kakao sudah bisa dinikmati.    Jika ingin dipasarkan ke minimarket,warung dan sebagainya, sebaiknya dikemas dengan plastik yang berlogo. Sehingga menjadi kripik yang terkenal. Selamat mencoba.

Share Post :