Identifikasi Potensi Wilayah

  • Admin Distan
  • 01 Oktober 2019
  • Dibaca: 70 Pengunjung

    IndentifikasiPotWilatauIdentifikasiPotensi Wilayah merupakanidentifikasiterhadap data datapotensi wilayah terkaitdengan data datasumberdayayang ada di wilayah Desa dan data datapendukungdalampengelolaanusahapertanian. Potensi wilayah yang terdapatdidesaterdiridaridata sumberdayaalam, sumberdayabuatan dan sumberdayamanusiasebagaipelakuutamadalammengelolausahapertanian. Sedangkan data datapendukungnya

                 SesuaidenganPermentan No. 25 tahun 2009 tentangPedomanPenyusunanProgramaPenyuluhanPertaniandapatterdiridari data datamonografidesa, penerapanteknologibudidaya yang biasadilakukanpetani, komoditipertanian yang dikelolapetani. Seiringdenganperubahanjaman yang beralih pada pemberdayaanmasyarakat.

                 Sesuaidengantercantumdalampermentantersebut, penggalian data potensiPotWilidealnyamenggunakan metoda PRA ( Partisipatif Rural Appraisal ). IdentifikasiPotWilsebaiknyadilakukan oleh petanilangsungdan difasilitasiPenyuluhPertanian yang bertanggungjawabdiwilayahdesa/kelurahan.  Dan Data tersebutharusdilakukanpembaharuanpada tiap tahunnya seiringdenganperubahanwaktu dan perkembangan data yang berlaku.

                 Untukdapatmengidentifikasi data PotWildenganmetoda PRA idealnyadilakukankajian padadesaterkaitterlebihdahulu, dengancaramelakukanpengamatandesadenganmelibatkanmasyarakatdesasebagaiobyek dan subyekdan difasilitasi oleh PenyuluhPertanianpenanggungjawabdesa/kelurahan.

                 Pengkajiandesadiharapkanmenjadisosialisasiawal danakanmemotivasipetaniuntuktahu dan sadarbetuldengankondisikeadaannyata yang adadidesa. Makapetaniakanmenjaditahu dan sadardengankondisikeadaannyatadesanya juga diharapkanpetanimampumembuatAnalisa-analisapotensi dan permasalahn yang terdapatdisekitarnya yangmenjadikendaladalampengelolaanusahapertanian. SelanjutnyajikapetanitelahmampumelakukanIdentifikasiPotWil yang difasilitasiPenyuluhPertanianmakaharapannyapetanimampumengambilkeputusan dan merencanakankegiatan/program yang sesuaidenganpotensi yang didesanyasebagaimana yang diharapkan .

Share Post :