CARA MEMBUAT PAKAN ALTERNATIF KAMBING DI MUSIM KEMARAU

  • Admin Distan
  • 06 Januari 2020
  • Dibaca: 40 Pengunjung

Kemarau yang menghadang di sejumlah penjuru negeri membuat resiko yang dialami baik seluruh pelaku pertanian semakin besar. Tak pelak juga para peternak yang lahannya mulai kering karena tidak dituruni hujan untuk memberi makan ternaknya. Kesulitan akan tanaman hijau pun semakin besar. Akibatnya, kelangkaan pakan pun menjadi momok yang menakutkan bagi peternak. sehingga berbagai langkah pun harus ditempuh untuk mengantisipasinya. Nah tentu saja peternak dapat mengakalinya dengan membuat pakan alternatif kambing di musim kemarau ini.

1. Menggunakan Dedak
Salah satu pakan alternatif kambing adalah dedak. Dedak dapat digunakan sebagai pengganti rumput. Tidak hanya itu, dedak juga digunakan oleh para pemilik kolam lele untuk dicampurkan dengan pakan lainnya.
membuat pakan ini hanya dengan mencampurkan dedak dengan air sehingga menjadi berbentuk seperti bubur. Sebagai informasi, dedak dipilih menjadi bahan pakan alternatif karena harganya sangat terjangkau.

2. Pakan konsentrat
Pakan alternatif kambing ini dapat dibuat dengan bahan-bahan yang cukup mudah. Konsentrat merupakan pakan penguat yang terdiri dari bahan-bahan yang kaya akan karbohidrat dan protein. Bahan-bahannya adalah dedak padi, jagung kuning dan bungkil-bungkilan.
Untuk cara pembuatannya, Dedak halus sebesar 75%, jagung kuning yang sudah digiling 6%, bungkil kedelai 3%, bungkil kelapa 10% dansisanya adalah campuran tambahan kalsium dan garam dapur sebesar 6%.
Setelah itu harus dicampur dengan rata, dan diberikan langsung kepada ternak. Jadi, konsentrat ini aman untuk persediaan pakan di kala musim kemarau. Dengan pakan konsentrat ini, diharabkan setidaknya berat ternak bisa meningkat secara lebih signifikan.

3. Pakan Rumput Kering
rumput kering juga dapat dijadikan alternatif pakan.
Pada musim penghujan, banyak tumbuhan yang tumbuh dengan segar dan hijau. Hal ini bisa dimanfaatkan para peternak untuk menyimpan atau mengeringkan rumput tersebut untuk persediaan pakan ternak pada saat musim kemarau.
4. Jerami Kering
Pada umumnya petani pada saat penen padi memanfaatkan jeraminya sebagai bahan pakan ternaknya karena jumlah jeraminya pada saat panen padi sangat banyak. Petani juga banyak mengeringkan dan menyimpan jerami di dalam lumbung pakan sebagai persediaan pakan pada saat musim kemarau...

Oleh :

(KomangRiskaWardani/BPP Sukasada)

Share Post :