Budidaya Tanaman di Atas Pematang Sawah

  • Admin Distan
  • 08 Januari 2020
  • Dibaca: 85 Pengunjung

Pematang sawah merupakan pembatas petakan sawah yang sangat sempit yang ukurannya sekitar 35-45 cm bagian permukaan atasnya sedangkan panjangnya mengikuti alur petakan sawah yang melintang sepanjang arah kemiringan lahan

       Potensi luas pematang sawah tergantung dari tingkat topografi/kemiringan lahan yang artinya semakin miring topografi lahan maka maka petakan sawah semakin sempit dan petakan sawah semakin banyak sehingga pematang sawahpun langsung menajadi  banyak.

      Melihat dari situasi potensi tersebut bahwa pematang sawah merupakan media tanaman sayuran yang sangat baik dan dapat dioptimalkan fungsinya terutama sebagai media budidaya berbagai komoditi yang  memiliki tajuk sempit dan pendek serta berumur musiman seperti komoditi kacang panjang, terung, cabai, kacang kedelai, kacang ijo, tanaman bunga dll.

Beberapa kelebihan budidaya tanaman di atas pematang sawah antara lain ; 

a. Resapan air irigasi dan pupuk yang larut dan tercuci yang tidak sempat diabsorpsi akar tanaman padi sawah dan menempel melalui dinding pematang dimanfaatkan oleh tanaman yang dibudidayakan di pematang tersebut.

b. Dimungkinkan tumbuhnya bintil akar. sebagai kegiatan inokulasi Rhizobium sebagai pengikat nitrogen dari udara terutama berbagai tanaman legumenosa,kacang-kacangan  yang dapat dimanfaatkan tanaman lainnya disekitar(padi).

c. Dapat menekan tumbuhnya berbagai rumput lapangan tempat  berlindungnya berbagai hama padi  dipematang.

d. Lahan tidak mubasir namun fungsi lahan menjadi optimal dan produktif

e. Sebagai lapangan kerja sampingan selain budidaya padi sawah dengan penerapan sistem budidaya tanaman secara tumpang sari tanaman semusim

f. Limbah komoditas di atas sawah  merupakan bahan organik yang sangat cepat lapuk dan baik  bagi perbaikan struktur, keadaan fisik. Kimia dan biologi tanah.

g. Komoditas semusim yang  dibudidayakan di atas pematang  sawah merupakan sumber penghasilan tambahan atau pendapatan harian/mingguan, bagi keluarga tani.

Dengan tersusunnya tulisan/artikel ini, mudah-mudahan dapat dijadikan materi penyuluhan dan petani sawah termotivasi dan mengelola pematang sawahnya singga lebih bermanfaat secara optimal dan bernilai ekonomis.

 

Wahyu/BPP Busungbiu

Share Post :