BUDIDAYA BUNGA SNAPDRAGON DI DESA PANCASARI KECAMATAN SUKASADA.

  • Admin Distan
  • 05 September 2019
  • Dibaca: 83 Pengunjung

Tanaman Antirrhinum majus dikenal sebagai bunga naga atau snapdragon karena kemiripannya bunganya kepada wajah seekor naga yang membuka dan menutup mulutnya ketika bunganya ditekan. Mereka merupakan bunga asli daerah berbatu di sekita Eropa, Amerika Serikat, dan Afrika Utara. Snapdragon mempunyai batang yang tinggi dengan bunga berwarna yang cerah yang akan mekar ketika cuaca dan suhu sudah dingin. Bunga Snapdragon mulai berbunga di bawah batang dan menuju ke atas sehingga akan memiliki waktu berbunga yang cukup lama.Bunga Snapdragon memiliki beragam warna mulai dari pastel pucat hingga merah dan jeruk yang semarak. Bunga favorit untuk dipotong dan akan mekar sepanjang musim dingin di iklim yang lebih hangat.Bunga Snapdragon banyak diteliti oleh dunia medis karena telah diketahui mengandung zat anthocyanin. Anthocyanin merupakan zat yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. 

Bunga snapdragon memiliki ciri-ciri yaitu:
1.Daunnya teratur dalam bentuk spiral mengelilingi batang dan ranting.
2.Tanaman Snapdragon beracun jika dimakan meskipun warna bunga yang bagus, silahkan hati-hati dalam pemeliharaannya.
3.Bunga ini merupakan bunga semusim tetapi kadang bisa berbunga lagi meski tidak sebanyak bunga pertama sehingga kadang disebut bunga dua musim.
4.Lebih cocok ditanam di daerah dingin tetapi juga cocok ditanam di daerah dengan suhu sedang. Menanam di dataran rendah yang panas merupakan sebuah tantangan.
5.Bunga Snapdragon bisanya berwarna tunggal tetapi banyak pengembangbiakan spesies baru dengan bunga yang berwarna-warni ( Sumber:https://gardening.idsnapdragon-antirrhinum-majus/)

Desa Pancasari merupakan salah satu Desa yang sda diKecamatan Sukasada yang wilayahnya merupakan daerah dataran tinggi dengan suhu yang cukup dingin sehingga cocok untuk budidaya bunga hias dan juga bunga potong salah satu tanaman bunga yang saat ini dibudidayakan yaitu bunga snapdragon. Salah satu petani yang menanam bunga snapdragon ini mengatakan budidayanya cukup mudah yaitu dengan cara Snapdragon dapat ditanam dengan menyebar bibit di tanah yang subur yang dicampur dengan kompos atau lumut gambut, hal ini membantu untuk mempertahankan kelembapan tanah dan pertumbuhan gulma. Snapdragon  harus disiram setiap hari, tetapi dengan penggunaan air tidak perlu terlalu banyak supaya akarnya tidak busuk selain itu bunga ini juga perlu diberi pupuk sekali sebulan. Jika panas matahari terlalu terik, tempatkan Snapdragon di area yang teduh, untuk menghidari daun dan bunganya akan menguning. Jika terlalu panas, Snapdragon membutuhkan lebih banyak air. Sebaliknya, jika musim hujan kurangi  frekuensi penyiraman.Setelah satu minggu tanaman akan menjadi lebat sehingga perlu dilakukan pengetriman agar bentuk tanaman tetap indah.

Oleh : RimaYanti_BPP Sukasada

Share Post :