Bertani Jambu Biji Merah Menjadi ke'untungan ekonomi dan kesehatan

  • Admin Distan
  • 19 Agustus 2019
  • Dibaca: 133 Pengunjung

Jambu adalah jenis buah tropis yang juga banyak ditemuakan di Indonesia. Jambu terdiri dari beberapa jenis, salah satu yang paling banyak peminatnya adalah jambu biji merah. Ternyata jambu biji merah memang tidak hanya lezat dan harganya murah, tetapi juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Kandungan Jambu Biji Merah

Jambu biji (Psidium guajava) adalah jenis guava atau jambu biji yang paling umum. Psidium guajava sendiri dari beberapa varietas, yang paling umum ditemukan di Indonesia adalah jambu biji merah dan jambu biji merah. Manfaat jambu biji merah dipercaya lebih banyak jika dibandingkan dengan jambu biji merah.

Buah jambu merah mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Beberapa yang kandungannya cukup tinggi adalah vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin B6, vitamin B3, kalium, mangan. magnesium, dan tembaga. Kandungan vitamin C dalam buah jambu merah bahkan lebih tinggi daripada jeruk. Jambu biji merah juga merupakan buah yang tinggi serat.

Manfaat Jambu Biji Merah

Melihat dari berbagai kandungan yang ada dalam jambu biji merah. Tidak heran jika buah jambu merah menjadi buah yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 13 manfaat jambu biji yang tidak boleh dilewatkan!

1. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat jambu biji merah yang pertama adalah menjaga sistem pencernaan. Jambu yang satu ini memang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam satu buah jambu ini dapat memenuhi kurang lebih 12% kebutuhan serat harian.

Jambu biji dan daun jambu biji juga sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Efek antimikroba yang ada dalam jambu mampu untuk mengatasi gangguan seperti diare. Risiko berbagai infeksi saluran pencernaan juga dapat menurun dengan konsumsi jambu biji secara rutin.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Manfaat jambu merah yang kedua adalah dapat menurunkan kolesterol dan teknanan darah. Hal ini lah yang menjadikan jambu sebagai buah yang baik untuk kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi merupakan pemicu dari penyakit kardiovaskular.

Kandungan serat dalam jambu, baik untuk metabolisme lemak, sehingga dapat menurunkan kolesterol LDL dan mencegah terjadinya pementukan plak pada pembuluh darah. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam jambu juga dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah.

3. Mengatasi gejala diabetes

Manfaat jambu lainnya adalah dapat mengatasi gejala diabetes. Selain dapat menurunkan kolesterol, makanan tinggi serat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Serat atau dietary fiber yang masuk ke tubuh tidak akan diserap oleh tubuh, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah.

Serat juga mampu untuk memberikan efek kenyang yang lebih lama. Makanan jenis ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes karena penderita diabetes diharuskan melakukan diet tertentu untuk mencegah risiko naiknya kadar gula darah.

4. Meningkatkan trombosit

Pasien demam berdarah yang kekurangan trombosit akan sangat disarankan untuk mengonsumsi jambu. Jambu memang dianggap sebagai salah satu buah yang dapat meningkatkan trombosit. Manfaat ini tidak hanya bisa Anda dapatkan dari buahnya saja, tetapi juga dari daun jambu biji.

Daun jambu merah bahkan dipercaya lebih efektif untuk meningkatkan kadar trombosit. Jika ingin mendapatkan manfaat jambu untuk pemulihan DBD, maka sebaiknya mengonsumsi jambu beserta kulit dan juga air rebusan daunnya.

5. Menjaga kesehatan mata

Seiring dengan bertambahnya usia atau akibat kebiasaan tertentu, umumnya kemampuan penglihatan seseorang akan menurun. Kandungain vitamin A dan vitamin C dalam jambu membuat buah yang satu ini mampu untuk menjaga kesehatan mata agar kemampuannya tidak menurun. Konsumsi jambu secara rutin dipercaya dapat menurunkan gangguan mata seperti katarak dan juga degenerasi makula.

6.Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Jambu merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dan vitamin C merupakan vitamin yang paling baik untuk memelihara imunitas tubuh. Jika terserang penyakit ringan, tanpa harus menggunakan obat, konsumsi vitamin C biasanya cukup untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi lebih lanjut.

Konsumsi vitamin C setiap hari sangatlah penting karena vitamin C tidak akan disimpan dan menumpuk di dalam tubuh. Satu buah jambu merah per hari sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

7. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan manfaat dari daun jambu biji. Masalah gigi dan mulut paling umum adalah akibat infeksi bakteri. Efek antimikroba dari duan jambu dapat mengatasi berbagai masalah gigi dan mulut seperti nyeri gigi, gusi bengkak, hingga sariawan.

8. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat jambu selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dalam jambu dapat mencegah penuaan dini. Antimikroroba dari ekstrak jambu dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Jangan lupakan juga kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mencerahkan kulit.

Selain buahnya, daun jambu juga memiliki manfaat untuk kulit. Penggunaan daun jambu secara topikal dapat membantu penyembuhan luka di kulit agar lebih cepat.

9. Mencegah stres

Jambu memilki kandungan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah magnesium. Kekurangan magenesium diduga dapat menyebabkan stres dan depresi karena magnesium memiliki peran dalam fungsi otak dalam mengatur suasana hati. Megnesium juga dapat membantu relaksasi saraf dan otot sehingga membuat seseorang lebih tenang.

10. Meredakan nyeri haid

Tumbuhan jambu juga memiliki manfaat untuk meredakan nyeri haid. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu ampuh untuk dijadikan sebagai salah satu bahan obat nyeri haid. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa ekstrak duan jambu biji memang memiliki efek spasmolitik atau dapat melemaskan ketegangan otot.

11. Baik dikonsumsi oleh ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan makanan yang tinggi asam folat untuk membantu perkembangan janin. Asupan asam folat yang cukup sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak dan sum-sum tulang belakang pada janin. Jambu bisa menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena jambu juga memiliki kandungan asam folat

12. Meningkatkan kemampuan otak

Kemapuan kognitif otak umumnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang, terutama jika kita tidak dapat menjaga asuran nutrisi untuk otak. Jambu memiliki kandungan sejumlah vitamin B kompleks, termasuk vitamin B6 dan vitamin B3. Kedua vitamin ini merupakan vitamin yang penting untuk menjaga kemampuan kognitif otak.

13. Sumber antioksidan

Manfaat jambu biji yang terakhir tentu saja sebagai sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Keberadaan radikal bebas dalam tubuh akan memicu berbagai kerusakan sel dan dapat memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya, termasuk tumor dan kanker. Maka dari itu, konsumsi makanan kaya antioksidan sangatlah penting untuk memelihara sel secara keseluruhan.

Sumber foto & lahan :
Lahan Bpk I Nyoman Jinarka,Bsc Banjar Dinas Beteng Desa Pucaksari Kecamatan Busungbiu

Sumber bahasan/link :https://doktersehat.com/manfaat-jambu-biji-merah/

(Harisca_BPP Busungbiu)

Share Post :